Bab 4 : lslam Cinta Kebersihan dan Keindahan

Bab 4

lslam Cinta Kebersihan dan Keindahan

Islam sebagai agama yang sempurna menyeru kepada umatnya agar berlaku bersih dan indah secara lahir dan batin. Dalam perkara batin, Islam menganjurkan agar seseorang membersihkan hatinya dari penyakit dengki, iri hati, dan lainnya. Allah berfirman:

                                                                                 
"Dan orang-orang yang datang sesudah mereka (Muhajir­in dan Anshar), mereka berdo'a: "Ya Rabb kami, beri ampunlah kami dan saudara-saudara kami yang telah beriman lebih dulu dari kami, dan janganlah Engkau membiarkan kedengkian dalam hati kami terhadap orang-orang yang beriman; Ya Rabb kami, sesungguh­nya Engkau Maha Penyantun lagi Maha Penyayang."
(QS al-Hasyr [59]: 10)

Rasulullah SAW bersabda:


                                                                         
"Janganlah kalian saling dengki, jangan tanajusy, jangan saling membenci, jangan saling membelakangi, dan ja­ngan pula seseorang dari kalian menjual penjualan sau­daranya, serta jadilah hamba-hamba Allah yang bersaudara.”



Demikian pula Islam menganjurkan untuk membersihkan lahiri­ah badan seorang muslim. Hal itu dapat kita tengok dari perintah mandi dan berwudhu, anjuran memakai pakaian yang indah ketika hendak pergi ke masjid, anjuran mengerjakan sunnah-sunnah fitrah seperti potong kuku, dan lainnya. Semua ini memberikan keyakinan yang pasti kepada kita bahwa Islam adalah agama yang cinta keber­sihan dan keindahan, bahkan suci dan bersih merupakan salah satu syarat sahnya shalat. Inilah agama yang sesuai dengan fitrah dan naluri manusia. Karena semua orang yang berjiwa sehat, secara naluri kejiwaannya akan senang dan cinta dengan keindahan dan kebersihan. Sangat banyak bukti-bukti konkret bahwa Islam agama terdepan dalam masalah keindahan dan kebersihan.22­
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Popular Posts